Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Tangerang - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menerapkan pelayanan mutu yang berbasis syariah layaknya Rumah Sakit di Aceh. Pelayanan terbaru dari rumah sakit tipe C ini sebelumnya sempat viral, lantaran dianggap tidak sesuai dengan keberagaman etnis dan agama pada pasien Rumah Sakit khususnya, Tangerang.

"Betul, sejak Februari ini kita telah mendapatkan sertifikat Rumah Sakit Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Dan itu tidak ada maksud membedakan etnis dan agama, karena di sini bukan mensyariahkan orang tapi, layanannya yang berbasis syariah," kata Direktur Utama RSUD Tangerang, Feriyansyah, Selasa, 11 Juni 2019.

Menurutnya, pelayanan mutu syariah tersebut yakni, nantinya para pasien akan dilayani sesuai dengan gender, kemudian mutu gizi atau bahan yang digunakan dalam melayani akan berstandar halal.

"Kalau dibilang masalah etnis atau agama, di Rumah Sakit ini bervariasi. Bukan itu pula yang menjadi penilaian kita, tapi di mana kita dapat menjalankan layanan berbasis syariah seperti di Aceh," ujarnya.

Untuk mendapatkan sertifikat syariah tersebut, pihaknya mengatakan menjalankan proses selama beberapa tahun hingga akhirnya, dilakukan verifikasi pada Januari dan mendapatkan sertifikat pada Februari 2019 lalu. Pada proses pelayanan itu juga, ia menyebutkan sempat mengalami beberapa kesulitan.

"Kita memang sempat alami kesulitan untuk sosialisasi kepada pegawai, karena yang itu tadi, pegawai kita ini ada 200 perawat dan 51 tenaga medis dengan beberapa etnis dan agama. Tapi, semua bisa dijalani hingga akhirnya kita dapatkan sertifikat," ungkapnya.

Nantinya, layanan bangsal ataupun ruang antara wanita dan pria juga dilakukan pemisahan. Hal ini sebagai standar pelayanan syariah.

"Semuanya masih terus kita tingkatkan, baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga fasilitas. Intinya, di sini kita tetap melayani semua pasien dari berbagai kalangan," ungkapnya. | vivanews
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.