Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Lhokseumawe -  Sidang Kasus salah transfusi darah yang terjadi di RS Arun di sidangkan, sidang tersebut digelar untuk yang kedua kali dengan agenda Pemeriksaan Saksi. Senin, 30 Oktober 2017.

saksi yang diperiksa adalah Badriah Daud (56) selaku korban, Dalam persidangan tersebut saksi korban di hadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum dengan mengunakan ranjang tempat tidur rumah sakit, karena kondisinya semakin parah, pasca kedatangan Badriah Daud suasana pengadilan Negeri Lhokseumawe di penuhi rasa haru, sidang tersebut juga memeriksa dua orang anak kandung korban yakni FA dan R.

Sidang yang terbuka untuk umum tersebut di buka oleh Muhammad Kasim, SH., Selaku Ketua Majelis dan Sulaiman, SH serta, M. Yusuf SH.,M.H. Selaku Hakim Anggota. Sidang tersebut juga di hadiri oleh Agus Salim Tampubolon, SH. selaku Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa LZ dan RH yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya.

Korban dan keluarga Badriah  juga didampingi oleh Fauzan, S.H. dan M. Chaleb, SH selaku Kuasa Hukum korban untuk memantau jalannya persidangan. “saya mengharapkan kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lhokseumawe untuk objektif dalam memeriksa perkara ini, agar rasa keadilan bagi korban terpenuhi serta agar kejadian-kejadian seperti ini  tidak terulang lagi di dunia medis”, dan “kami meminta kepada para relawan UTD PMI Aceh Utara untuk objektif dalam melihat permasalahan ini biarlan Majelis Hakim yang menentukan LZ dan RH bersalah atau tidak.” Kata Fauzan, S.H. selaku Koordinator LBH Banda Aceh Pos Lhokseumawe.

Terkait masalah ini “jaminan terhadap hak untuk mendapatkan kesehatan yang baik bagi setiap warga negara telah di sebutkan  dalam Konstitusi kita dalam Pasal 28 huruf H ayat (1) UUD 1945 yang mana: “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.” Pungkas Fauzan, S.H.

Selanjutnya kewajiban negara dalam pemenuhan hak Kesehatan di tegaskan pula dalam Pasal 12  ayat (1)  Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2015 tentang Hak Ekonomi Sosial dan Budaya Menerangkan bahwa : “Negara-negara pihak konvenan ini mengakui  hak setiap orang untuk mengeyam standar kesehatan fisik dan mental yang tinggi.” Hak atas  kesehatan yang dimaksud dalam pasal diatas  adalah hak atas kesehatan dengan standar tertinggi yang harus dicapai oleh Negara.

“oleh karena itu tindakan medis itu tidak boleh disepelekan, karena itu menyangkut dengan nyawa seseorang, apalagi hal tersebut menyangkut dengan Transfusi darah, efeknya sangat berbahaya dan karena darah yang dikirimkan oleh UTD PMI Aceh Utara berbeda dengan apa yang diminta oleh Pihak RS Arun maka petugas UTD PMI harus bertanggung jawab penuh terhadap kelalain yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang bekerja di instansi tersebut bahkan Kepala UTD PMI juga harus bertanggung jawab jika bawahannya terbukti melakukan kelalaian dalam memberikan golongan darah kepada Badriah yang mengancam nyawa Badriah, sebab petugas tersebut tidak terlepas dari tanggung jawabnya .” Tegas Fauzan, S.H.

LBH Banda Aceh Pos Lhokseumawe juga mendesak Pemerintah Aceh Utara untuk melakukan audit pelayanan disetiap institusi medis sebagai bentuk kewajiban negara dalam pemenuhan hak atas kesehatan sekaligus mencegah tindakan keberulangan kedepan, karena menurut data kasus dan Pantauan LBH Banda Aceh, di Kabuapaten Aceh Utara kasus yang terkait dengan pemenuhan hak atas kesehatan masih tinggi.

Setelah pemeriksaan 3 (orang) orang saksi dilakukan, sidang di tunda hingga pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi lanjutan. “Kami akan terus memantau persidangan hingga selesai, dan harapan kami dan keluarga tentu ingin persidangan ini dapat menemukan suatu tujuan utama dari hukum yaitu KEADILAN” tutup Fauzan, S.H.(Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.