Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Salahsatu pustu sudah ditumbuhi rumput ilalang

Lhoksukon- Sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) di Aceh Utara seperti tak terurus dan menyebabkan pelayanan kesehatan yang di butuhkan Masyarakat tidak sesuai seperti yang di harapkan masyarakat setempat.

Salahsatu pustu yang  terbengkalai tersebut yaitu Pustu Pasee Santosa SpII Simpang Keuramat, Pustu SpII Kecamatan Geureudong Pasee dan Pustu kecamatan Bandar Baroe ,Aceh Utara.

Warga mengeluhkan sering tidak buka sehingga apabila ada warga yang sakit terpaksa mereka harus berobat pada pada tenaga medis swasta setempat,sehingga menyebabkan warga harus mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah.

Hal serupa juga di rasakan warga SpII Geureudong Pasee dan Bandar Baroe Aceh Utara,warga di Tiga kecamatan tersebut sangat mengharapkan Pustu yang berada di desa mereka dapat di fungsikan sebagai mana layaknya.

" Karena Rata-rata mereka sudah mempunyai kartu kesehatan BPJS.KIS.Jamkesmas dan sejenisnya sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk berobat.tutur Eka (25) warga pasee sentosa SpII.

Demikian juga ungkapan yang sama disampaikan Juliadi (47) warga SpI mengharapkan Pustu yang berada di Desanya juga di fungsikan.

" Instansi terkait jangan tutup mata melihat penderitaan kami karna kami tinggal di pedalaman janganlah di pandang sebelah mata oleh pemerintah ", ungkapnya kepada reporter, Minggu (23/7/2017).

Juliadi juga menambahkan " Kemana Dokter/Bidan PTT (pegawai tidak tetap) yang di tugaskan pemerintah untuk tinggal di desa,kalau mereka tinggal di desa tidak perlu sewa rumah karena bisa tinggal di Pustu ", ucap juliadi.

Sementara itu Iva yanti (36) selaku kepala pustu Pasee sentosa simpang keramat membenarkan Pustu yang di pimpinnya sering tidak buka dikarenakan Pustu tersebut hanya memiliki Dua orang tenaga kerja.

Sehingga pustu hanya buka Tiga Kali dalam seminggu.jadwal bukanya pun di mulai dari jam 08:00 Wib s/d 13:00 Wib.

Iva  juga menambahkan setidaknya awak media jangan membesar-besarkan masalah terkait pustu yang dia pimpin karena dia juga punya saudara wartawan di harian Serambi indonesia dan Metro Aceh, ucap iva dengan nada mengancam.

Terkait pustu yang terbengkalai di Desa Eunyeu  Kecamatan Bandar Baroe.Melissa (29) selaku Bidan Desa yang bertugas di Desa setempat menuturkan bahwa Pustu tersebut jarang di fungsikan karena Mobiler di dalam Pustu kurang memadai.

Sehingga apa bila ada warga yang sakit langsung di Rujuk ke Puskesmas atau Rumah Sakit, Melissa juga mengharapkan agar Dinkes Aceh Utara agar lebih memerhatikan mereka yang bertugas Desa.

Reporter: Junaidi SPdi
loading...

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.