Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Wakil Gubernur Aceh,  selaku Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh, saat membuka secara resmi Musabaqah Tunas Ramadhan 1438 H, yang di pusat di Taman Pala Indah Tapak Tuan, Rabu (7/6/2017). Humas Aceh/Abdul Hadi
Aceh Selatan - Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf menegaskan, pelaksanaan Musabaqah Tunas Ramadhan yang dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan merupakan salah sebuah sarana untuk membumikan Al-Qur'an di Bumi Serambi Mekah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Aceh,  selaku Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh, saat membuka secara resmi Musabaqah Tunas Ramadhan 1438 H, yang di pusat di Taman Pala Indah Tapak Tuan, Rabu (7/6/2017) malam.

"Semoga Pramuka Aceh menjadi kader kepanduan terbaik, yang tidak semata menjunjung tinggi nasionalisme tetapi juga mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Musabaqah Tunas Ramadhan yang rutin kita laksanakan setiap tahun adalah salah satu upaya untuk membumikan Al-Qur'an," tegas Wagub.

Dalam sambutannya, Pria yang akrab disapa Mualem itu berharap agar Pramuka Aceh menjadi pelopor tumbuhnya kader-kader penerus bangsa berkarakter Qur'ani.

Musabaqah Tunas Ramadhan adalah salah satu cara kita untuk menggembleng generasi muda Qur'ani. Kita mendorong Gerakan Pramuka Aceh untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur'an di Bumi Serambi Mekah, sehingga kader Pramuka Aceh menjadi contoh dan panutan bagi generasi muda Aceh, bahkan Indonesia," sambung Mualem.

Wagub juga mengingatkan agar generasi muda saat ini dapat menyikapi kemajuan teknologi dengan cara yang bijak, sehingga kemudahan-kemudahan yang telah ada saat ini tidak dipergunakan dengan cara yang salah.

"Kita lihat bagaimana dengan kemajuan teknologi kita dapat dengan mudah mendapatkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Bagaimana nama baik seseorang dengan mudahnya dihancurkan hanya dengan sebuah berita-berita bohong. Kita harus mampu memfilter atau menyaring dengan baik. Jangan sampai teknologi yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia justru membinasakan manusia dengan saling menjelekkan dan menjatuhkan. Kita tentu saja berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mendidik kader-kader yang nantinya akan menjadi contoh teladan dan panutan bagi masyarakat luas dalam kehidupan sehari-hari," sambung Mualem.

Mualem berharap, berbagai hadiah yang disediakan oleh panitia dapat mendorong kader pramuka Aceh untuk lebih serius belajar, memahami dan mencintai Al-Qur'an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Narkoba Semakin Mengkhawatirkan

Dalam kesempatan tersebut, Wagub kembali mengingatkan bahaya narkoba yang semakin merajalela di kalangan generasi muda. Bukan hanya di Aceh, narkoba juga merupakan musuh bagi Indonesia bahkan dunia. Wagub bahkan menegaskan, bahwa narkoba adalah salah satu cara untuk membersihkan etnis secara halus.

"Peredaran narkoba sudah sangat mengkhawatirkan. Sudah banyak generasi muda Aceh yang terjebak bujuk rayu narkoba. Mulai dari tingkat SMP sudah terpengaruh narkoba, bahkan sudah ada kasus anak tingkat sekolah dasar yang terpengaruh narkoba. Jangan sekali-sekali mencoba mendekati narkoba. Saya tidak akan bosan untuk mengingatkan karena sekali saja kita terjebak, maka kita tidak akan keluar dari lingkaran peredaran barang haram tersebut," kata Wagub.

"Saya ucapkan selamat berkompetisi dengan sportif, junjung tinggi nilai persaudaraan yang termaktub dalam Alqur'an," pungkas Wakil Gubernur Aceh.

Pembukaan Musabaqah Tunas Ramadhan ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Ka Kwarda Pramuka Aceh, didampingi Bupati Aceh Selatan.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan, H T Sama Indra, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kwarcab Aceh Selatan, dalam sambutannya mengatakan, bahwa Qur'an memberikan ketenangan bagi siapapun yang membaca dan menghayati serta mengamalkannya, karena Al-Qur'an merupakan kalam Allah, yang diturunkan sebagai petunjuk bagi ummat manusia.

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan menjadi nilai ibadah bagi kita semua," kata Sama Indra.

Musabaqah Tunas Ramadhan 1438 H/2017 akan berlangsung mulai tanggal 7-12 Juni. Kegiatan tahunan ini diikuti oleh 15 kwarcab se-Aceh yang terdiri atas 220 peserta dan 90 official. Sedangkan 7 kwarcab lainnya absen, yaitu Kwarcab Aceh Timur, Aceh Jaya, Simeulue, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang dan Aceh Singkil.

Pihak panitia telah mempersiapkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Selain itu, juara 1 masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah umrah. Tahun ini, Musabaqah Tunas Ramadhan juga diikuti oleh kontingen Pramuka dari Kwarda Sumatera Utara dan Kwarda Lampung. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.