Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bireuen Bisnis BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Motivasi Motogp Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patroli Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh PKI PLN PNL Polisi Politik Poso PPWI Presiden Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebriti Senator sosial Sosok Sport Status-Papua Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tsunami Aceh Turki Ulama USA Vaksin MR vid Video vidio Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Banda Aceh – Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo, mengapresiasi berbagai inovasi dan kebijakan yang telah ditempuh oleh Pemerintah Aceh melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Aceh, sehingga mampu mengendalikan inflasi tahunan (year on year) Aceh sebesar 3,95 persen.

Apresiasi tersebut diungkapkan oleh Gubernur BI dalam surat bernomor 19/I/GBI-DR3/Srt/B, yang disampaikan oleh Ahmad Farid, selaku Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh kepada Gubernur Aceh, dr h Zaini Abdullah, di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (2/3/2017) pagi.

“Sehubungan dengan pencapaian tersebut, izinkan kami menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama Bapak Gubernur Aceh beserta seluruh jajaran Pemerintah Aceh dalam mengawal upaya pengendalian inflasi di Bumi Serambi Mekah ini,” ujar Agus Martowardojo.

Agus menambahkan, rendahnya inflasi Aceh ini mempengaruhi pencapaian tingkat inflasi nasional tahun 2016 yang rendah dan terkendali, yaitu sebesar 3,02 persen atau berada dalam rentang target inflasi nasional, yaitu 4 ± 1 persen.

“Tingkat inflasi yang terkendali di Aceh, tidak terlepas dari berbagai inovasi dan kebijakan yang ditempuh oleh TPID serta koordinasi yang makin solid antara Bank Indonesia, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh.”

Gubernur BI juga menjelaskan, bahwa pencapaian inflasi Aceh dipengaruhi oleh semakin baiknya upaya pengendaian inflasi yang dilakukan oleh TPID, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Dalam penjabarannya, Guberur BI juga mengungkapkan, komoditas penyumbang utama inflasi di antaranya ikan tongkol, rokok kretek dan cabai merah, yang merupakan akibat dari tingginya curah hujan dan peningkatan gelombang laut yang berpengaruh pada terganggunya produksi tanaman holtikutura serta menurunnya hasil tangkapan nelayan.

“Ke depan, tantangan pengendalian inflasi di daerah, khususnya di sektor pangan tidak mudah. Mulai naiknya harga minyak dunia dan harga komoditas serta dampak cuaca dan rencana kebijakan pemerintah pada sejumlah komoditas harga barang/jasa yang diatur pemerintah atau administered price akan menjadi sumber tekanan di tahun 2017,” tambah Gubernur BI.

Namun, dengan koordinasi TPID yang kuat serta bertabahnya inovasi, Agus optimis sasaran inflasi sebesar 4 tahun 2017 yang sebesar 4 ± 1 persen dapat tercapai.

Guberur BI juga menyampaikan, dalam waktu dekat Kelompok Kerja Nasional TPID akan meluncurkan website dan mobile aplikasi  Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) nasional yang memuat informasi harga pangan harian sejumlah komoditas di pasar-pasar utama daerah dengan akurasi dan kekinian data yang sangat baik.

“Kami mengharapkan sumber informasi ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin guna mendukung upaya pengendalian harga di Aceh. Terima kasih atas dukungan. Sekali lagi, kami sangat mengharapkan konsistensi dan dukungan Gubernur Aceh yang telah berjalan baik selama ini dalam forum TPID,” pungkas Agus Martowardojo. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.