Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Mayjen Soedarmo Plt Gubernur Aceh
Banda Aceh - Situasi politik makin memanas jelang Pilkada Aceh 2017. Rentetan kasus terjadi pada pekan lalu. Perlu ada tindakan tegas dengan menangkap oknum pengacau agar tidak menyulut kerusuhan jelang pilkada di provinsi berjuluk Serambi Makkah itu

"(Pilkada) ini jangan dikotori oleh oknum-oknum tidak ber­tanggung jawab semacam itu. Saya suruh tangkap, periksa, tahan kalau memang melakukan tindakan-tindakan seperti meru­sak alat peraga kampanye," tegas Plt Gubernur Aceh Soedarmo di Banda Aceh, kemarin.

Pernyataan Soedarmo terkait munculnya sejumlah insiden kericuhan di Aceh. Diketahui, pada Sabtu, 24 Desember lalu, terjadi kericuhan antarmassa pendukung Partai Aceh (PA) dengan Partai Nasional Aceh (PNA) di Aceh Utara. Pemicunya adalah adanya aksi pemukulan simpatisan kader PNA di Posko, Kecamatan Langkahan Aceh Utara.

Sehari setelah itu, terjadi kericuhan massa pasangan Fakhrurrazi H Cut-Mukhtar Daud (Fatar) di Aceh Utara.

Kasus berikutnya, penyerangan dan perusakan rumah maupun mobil milik M Jhony, Juru Bicara Komite Peralihan Aceh (KPA) di Desa Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Pelaku insiden ini diduga berasal dari kader PNA dan massa dari Tim Fatar.

Kasus terakhir, perusakan dan pembakaran baliho kandidat bu­pati H Muhammad Thaib-Fauzi Yusuf dan kandidat Gubernur, H Muzakir Manaf-TA Khalid, serta atribut Partai Aceh.

Soedarmo mengaku telah me­minta Kapolda Aceh menindak semua oknum yang berupaya mengganggu dan mengacaukan pelaksanaan Pilkada Aceh. Dia berharap penegak hukum ber­tindak tegas.

Soedarmo menyampaikan kepada masing-masing pasangancalon untuk mengendalikan seluruh jajarannya seperti tim sukses, tim pendukung, dan simpatisan agar tidak berbuat di luar wewenang. Ia mengimbau, semua tim pendukung pasangan calon, agar tidak melakukan tindakan yang mengarah ke­pada tindakan kriminal, seperti pengrusakan alat peraga kam­panye dan tindakan-tindakan anarkis lainnya.

"Kita sudah komitmen untuk menjaga situasi aman, damai, dan berintegritas. Pilkada Aceh harus berjalan sesuai dengan tujuannya. Kalau ada yang mem­buat keributan, saya sudah per­intahkan kepada Kapolda dan jajarannya, termasuk didukung oleh Panglima Kodam," kata Soedarmo.

Pasangan calon Gubernur Aceh diminta berkompetisi sehat dalam memenangkan Pilgub Aceh 2017. Apalagi, setiap paslon sudah berkomitmen menjaga situasi aman, damai dan tenteram dalam pelaksanaan pilkada.

"Mari kita berkompetisi dengan baik, sportif, tidak perlu merusak alat peraga kampanye pasangan calon. Kita semua harus komit menjaga situasi aman, damai dan tenteram," katanya.

Ketua DPR Aceh (DPRA), Muharuddin angkat bicara terkait kisruh atau kericuhan di Aceh Utara itu.

Dalam kasus itu, Tgk Muhar meminta Kepolisian bersikap netral dalam mengusut dan menyelesaikan kasus-kasus pilkada, termasuk kasus di Aceh Utara.

"Sikap profesional dan sikap netralitas dari polisi khususnya Polres Aceh Utara sangat di­harapkan dalam penyelesaian kasus ini. Kita berharap, mereka mengedepankan langkah-lang­kah persuasif dan mengutama­kan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan kasus tersebut," ujar Muhar.

Muhar juga memberikanpe­mahaman utuh kepada masyarakat dan kepada pihak-pihak terlibat dalam perkara itu. "Harus dijelaskan dengan sebaik-sebaiknya tentang penting­nya menjaga perdamaian, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sehingga tidak perlu terjadinya pengrusakan sejumlah kantor partai dan alat peraga kampanye," sebutnya.

Muhar menyebutkan, dalam penegakan hukum itu, perlu diilahantara pelaku, korban, dan pihak melerai. Jangan kemudian, pihak meleraipun dianggap seba­gai pelaku.

Diharapkan, pihak berwenang mengedepankan cara persuasif. Muhar juga meminta kepada Panwaslih Aceh dan Aceh Utara, untuk segera mencari solusi terbaik dengan cara pendekatan dengan kedua pihak.

"Dengan cara pendekatan mungkin bisa mendapat solusi terbaik, akhirnya tidak ada pihak merasa dirugikan. Kepada setiap paslon diharapkan mampu men­jaga timnya, mari sama-sama kita bantu pihak keamanan untuk menuju Aceh yang lebih damai," pungkasnya.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak meminta masyarakat tidak takut dengan ancaman dan intimidasi dari ok­num tertentu jelang pilkada.

"Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir terhadap intimidasi dari siapapun atau bentuk apap­un yang akan mempengaruhi hak pilih," kata Rio.

Jenderal polisi bintang dua asal Palembang ini mengaku, pihaknya telah memetakan sejumlah daerah rawan akan gangguan keamanan jelang Pilkada 2017. Diharapkan, halitu dapat mencegah gang­guan keamanan dan dapat menjalankan kedamaian pada proses demokrasi itu.

Dia memastikan, pelaksanaan Pilkada di Aceh dapat terlaksana dengan transparan, cerdas dan berkepribadian.

"Kita berharap, Pilkada Aceh berjalan aman dan damai sehinggaterpilih pmimpin amanah untuk kesejahteraan rakyat," harapnya. (Rmol)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.