Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Kasubdit 3 Jatanras Polda Jateng AKBP Nanang Haryono SH, SIK, MSi 

Statusaceh.net- Sebuah kisah kasus pembunuhan pernah terjadi pada masa zaman Nabi Musa As hingga menjadi latar belakang turunnya ayat 67-73 dalam surat Al-Baqarah ( Yang berarti : Sapi betina ) merupakan keajaiban yang ditunjukkan oleh ALLAH S.W.T kepada Bani Israil.

Ketika itu warga dikejutkan dengan penemuan mayat seorang anak yang dicampakkan dipersimpangan jalan desa, hingga menuai sengketa saling tuduh menuduh antara sesama masyarakat bani Israil. 

Lalu Nabi Musa diminta datang untuk meredam konflik dan berdoa kepada ALLAH S.W.T agar memberi petunjuk agar bisa mengungkap pelaku pembunuhan. 

Maka, ALLAH S.W.T memberi petunjuk agar Nabi Musa mencari seekor sapi betina langka milik anak yatim bewarna keemasan dan belum pernah digunakan untuk membajak sawah. 

Bani Israil pun diminta untuk menyembelih sapi tersebut dan bagian daging tubuhnya dipukul ke atas jasad anak yang mati tadi hingga dengan izin ALLAH S.W.T, dapat hidup kembali. 

Keajaiban yang terjadi itu pun berhasil mengungkapkan kasus pembunuhan, dimana korban langsung menunjukkan pelakunya. 

Pada zaman modern di era globalisasi sekarang tentu, tentu saja kisah tadi tidak mungkin terulang untuk kedua kalinya. 

Kisah inilah yang menjadi Inspiratif untuk membangkitkan semangat Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jawa Tengah AKBP Nanang Haryono SH. SIK. MSi. 

Untuk mengungkap sebuah kasus kejahatan, tentu sebagai manusia biasa polisi harus menggunakan cara cerdik untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi.

Sosok pria kelahiran 08 Maret 1977 dan sudah berkepala  tiga ini pernah tercatat sebagai orang yang tercepat dalam mengungkap beberapa kasus kriminal pencurian kekerasan (Curas) maupun perampokan bersenjata api (Senpi).

Diantara lain, kasus perampokan mobil truk bermuatan rokok oleh komplotan perampok bersenjata api yang menyaru sebagai polisi di Jalan Lingkar Weleri, Kendal Jawa Tengah, pada Selasa 26 Juni 2016, berhasil diungkapkan dalam waktu sangat singkat yakni  3 (tiga) jam.

Diantara tim jatanras tetap jalin kekompakan
Dalam waktu 3 hari Nanang beserta Tim Jatanras Polda Jateng juga tercatat berhasil mengungkap pelaku dalam kasus pencurian dengan kekerasan di Restoran Chiken Kabupaten Boyolali pada 19 Agustus 2016 dan kasus pencurian dengan kekerasan di Kampung Sidoarjo Rt.02/10 Banaran Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 

Selain itu pria lulusan Akademisi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 ini juga barhasil mengungkap pelaku pengrusakan patung rohani di Gereja Katolik Santo Yusuf Pekerja di Gondangwinangun, Klaten Jawa Tengah pada 9 Agustus lalu.

Istirahat,liburan ataupun piknik, munkin kalimat ini belum pernah terpikirkan oleh nanang,baginya memberi pelayanan kepada masyarakat secara optimal telah menjadi tugas utamanya sebagai anggota polisi. 

Seperti saat ini dirinya bersama Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng kembali berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan lintas pulau jawa,seperti jawa barat,jawa timur dan jawa tengah. 

Pihaknya sampai saat ini telah berhasil menangkap 5 tersangka,dari para pelaku pihaknya telah menyita 2 unit mobil,1 unit sepeda motor,rumah dan tanah yang bersersetifikat hasil kejahatan. 

“ Wah kalau untuk liburan atau istirahat kayaknya tidak terpikir karena masih banyak tugas dari masyarakat yang harus saya selesaikan,kan polisi itu pelayan masyarakat.

" Alhamdulillah kita saat ini sudah kasus curas antar lintas jawa berhasil kita ungkap,5 pelaku termasuk pimpinannya dan kaptennya sudah kita tangkap tadi subuh,Selasa (18/10/2016),”Papar nanang yang mengaku sedang berada di kawasan Cilacap Barat dalam rangka pengejaran pelaku lainnya. 

Tak heran jika sejumlah keberhasilannya serta prestasinya dalam mengungkap kasus kriminal,nanang kerap mendapat penghargaan dari orang nomor satu di lingkungan polda dimana pun dirinya bertugas.

Seperti saat nanang masih bertugas di Polda Jambi,dalam masa 3 kepemimpinan Polda Jambi dijabat oleh Kapolda Brigjen Pol Drs. Mujianto, Brigjen Pol Drs. Suwadji sampai Brigjen Pol Drs. Carel Risakotta senantiasa mendapat penghargaan dari ketiga Kapolda tersebut atas keberhasilannya dalam mengungkap kasus kriminal baik pencurian dengan kekerasan maupun kasus narkoba.

Demikian juga ditempat tugasnya saat ini Polda Jawa Tengah, nanang yang merupakan putra asli Bojonegoro ini kembali mendapat penghargaan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono MM. M.Hum atas keberhasilannya mengungkap sejumlah kasus kriminal bersenjata api dalam waktu yang sangat singkat. 

Kepada Redaksi Statusaceh.net,nanang yang kini telah dikaruniai tiga orang anak ini mengisahkan jika dirinya senantiasa menelpon ibundanya saat akan menangani sebuah kasus yang besar ataupun kasus informasi masyarakat untuk memohon do’a dan restu.

“ Kunci utama keberhasilan dari semua pengungkapan kasus yang saya tangani adalah do’a restu orang tua, saya kalau mau menangani kasus besar,mau nangkap maupun atensi masyarakat,saya telpon Ibunda mohon doa restu beliau,kebetulan Ayahanda sudah lama tiada,sewaktu masih ada pasti saya telpon beliau juga “, kenang nanang dengan mata berkaca-kaca.

Kasubdit Jatanras Polda Jateng, AKBP Nanang Haryono, yang Redaksi Statusaceh.net,Selasa (18/10/2016) mengatakan keberhasilan tugasnya tidak terlepas dari adanya bantuan informasi masyarakat.  
AKBP Nanang haryono ikut ambil peran
dalam setiap rekontruksi
“ Selain itu, harus mempertahankan prinsip ketelitian, keseriusan, kecermatan, kerja keras dan  jangan pernah menyerah,” ujarnya. 

Makanya dalam sebuah Negara Demokrasi kekuatan tertinggi itu tentu harus berada ditangan rakyat.  Sedangkan aparatur negara baik TNI/Polri, Legislatif dan Eksekutif adalah alat negara yang menjadi pelayan untuk membantu dan melindungi rakyat. 

Tentunya untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi negara Indonesia, tentu kita semua harus menempatkan diri pada tempatnya, baik sebagai rakyat atau pun aparatur negara. 

Berikut jenjang karier dan Prestasi AKBP Nanang Haryono SH. SIK. MS.i, di Instansi Kepolisian Republik Indonesia (POLRI).


RIWAYAT JABATAN: 
14-07-2001 PAMA POLDA JAMBI 
07-11-2001 PAMAPTA POLRES KERINCI POLDA JAMBI 
03-03-2002 DANTON OPS LIHKAM BKO POLDA NAD 
11-09-2002 PANIT BAG RESUM DIT SERSE POLDA JAMBI 
10-03-2003 PANIT IV SAT II DITRESKRIM POLDA JAMBI 
16-02-2004 KANIT PROVOS SPN JAMBI POLDA JAMBI 
22-10-2004 KASAT RESKRIM POLRES MUARO JAMBI POLDA JAMBI 

17-02-2006 KANIT I SAT IDIK I DIT NARKOBA POLDA JAMBI 
16-08-2006 PAMA POLTABES JAMBI ( DIARAHKAN MENJADI KAPOLSEKTA KOTA BARU POLTABES JAMBI ) POLDA JAMBI 
28-09-2007 KANIT SATWA DIT SAMAPTA POLDA JAMBI 
13-04-2008 PS. KASUBBAG BIN ROHTAL BAG BINJAH RO PERS POLDA JAMBI 

16-09-2009 PAMA PTIK ( DIK PTIK) 
20-06-2011 PAMA LEMDIKPOL ( DIARAHKAN KE STIK ) 
19-09-2011 KAURMIN BAG RENDIK BID AKADEMIK STIK LEMDIKPOL 

24-02-2012 PAMEN STIK LEMDIKPOL 
11-10-2012 PS. KASUBBAG RENMITLAT BID AKADEMIK STIK LEMDIKPOL 

18-06-2014 TUTOR MUDA LEMDIKPOL 
30-01-2015 KAURMIN BAG REN RORENMIN LEMDIKPOL 
14-04-2015 PAMEN LEMDIKPOL (DIK SESPIMMEN 2015) 
03-11-2015 PAMEN POLDA JATENG 
01-12-2015 GADIK MADYA SPN POLDA JATENG 
24-03-2016 KASUBDIT 3 DITRESKRIMUM POLDA JATENG 


TANDA JASA: 
SL 8 TAHUN 
SL JANA UTAMA 
SL KSATRIA BHAYANGKARA 
SL KARYA BAKTI 
SL DWIDJA SISTHA 
SL DHARMA NUSA 
SL OPERASI KEPOLISIAN 
SL BAKTI SOSIAL


Redaksi:  T. Sayed Azhar
Disusun:  Zainuddin Abdullah
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.