Abdiya aceh Aceh Tamiang Aceh Timur Aceh Utara Agam Inong Aceh Agama Aksi 112 Aksi 313 Aleppo Artikel Artis Auto Babel Baksos Bambang Tri Banda Aceh Banjir Batu Akik Bencana Alam Bendera Aceh Bergek Bimtek Dana Desa Bireuen Bisnis Blue Beetle BNN BNPB Bom Kampung Melayu Budaya BUMN Carona corona Covid-19 Cuaca Cut Meutia Daerah Dana Bos dayah Deklarasi Akbar PA Deplomatik Depok Dewan Pers DPR RI DPRK Lhokseumawe Editorial Ekomomi Ekonomi Energi Feature Film Fito FORMATPAS Foto FPI Gampong Gaya Hidup Gempa Aceh Gempa Palu Gunung Sinabung Haji HAM Hathar Headlines Hiburan Hindia History Hotel Hukum Humor HUT RI i ikapas nisam Indonesia Industri Info Dana Desa Informasi Publik Inspirasi Internasional Internet Iran Irwandi-Nova Irwndi Yusuf Israel IWO Jaksa JARI Jawa Timur Jejak JKMA Kemanusiaan Kemenperin Kemenprin Kesehatan Khalwat KIP Kisah Inspiratif Korupsi Koruptor KPK Kriminal Kriminalisasi Kubu Kuliner Langsa Lapas Lapas Klas I Medan Lapas Tanjungbalai lgbt Lhiokseumawe Lhokseumawe Lingkungan Listrik Lombok Lowongan Kerja Maisir Makar Makassar Malaysia Malware WannaCry Masjid Migas Milad GAM Mitra Berita Modal Sosial Motivasi Motogp MPU Aceh Mudik Mudik Lebaran MUI Musik Muslim Uighur Nanang Haryono Narapidana Narkotika Nasional News Info Aceh Nisam Nuansa Nusantara Obligasi Olahraga Ombudsman Opini Otomotif OTT Pajak Palu Papua Parpol PAS Patani Patroli Pekalongan Pekanbaru Pelabuhan Pemekaran Aceh Malaka Pemekaran ALA Pemerintah Pemilu Pendidikan Penelitian Pengadilan Peristiwa Pers Persekusi Pertanian Piala Dunia 2018 Pidie Pidie Jaya Pilkada Pilkada Aceh Pilkades Pj Gubernur PKI PLN PNL Polisi Politik Pomda Aceh PON Aceh-Sumut XXI Poso PPWI Presiden Projo PT PIM Pungli PUSPA Ramadhan Ramuan Raskin Riau ril Rilis Rillis rls Rohingya Rohul Saladin Satwa Save Palestina Sawang Sejarah Selebgram Selebriti Senator Sinovac SMMPTN sosial Sosok Sport Status-Papua Stunting Sumatera Sunda Empire Suriah Syariat Islam T. Saladin Tekno Telekomunikasi Teror Mesir Terorisme TGB Thailand TMMD TMMD reguler ke-106 TNI Tokoh Tol Aceh Tsunami Aceh Turki Ulama Universitas Malikussaleh USA Vaksin MR Vaksinasi Vaksinasi Covid-19 vid Video vidio Viral Waqaf Habib Bugak Warung Kopi Wisata YantoTarah YARA

Aceh Singkil - Wakil Gubernur Aceh melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Singkil dan Subulussalam. Pria yang akrab disapa Mualem itu berkunjung dan bersilaturrahmi ke sejumlah dayah, diantaranya Dayah Babussalam Batu Korong. Selain bersilaturrahmi dengan Pimpinan Dayah dan santri Batu Korong Wagub juga berziarah ke makam Almarhum Abuya Batu Korong, yang berada di Gampong Lipat Kajang Bawah, Kecamatan Simpang Kanan Aceh Singkil.

Tiba di lokasi, Wagub dan rombongan disambut oleh para santri dan sejumlah Ustadz serta Tgk H Abi Hasan, pimpinan Dayah Babussalam Batu Korong. Dalam sambutan singkatnya, Abi Hasan berharap Pemerintah dapat lebih sering melakukan kunjungan ke Dayah-dayah yang ada di Aceh sebagai bentuk dukungan kepada dayah, terutama dayah yang ada di daerah terpencil dan daerah perbatasan.

"Terima kasih atas kunjungan dari Bapak Wakil Gubernur, kami berharap kunjungan seperti ini bisa intens dilakukan ke dayah-dayah agar terjalin hubungan yang harmonis antara ulama dan umara serta pemerintah dapat melihat secara langsung apa yang menjadi kebutuhan dan kendala sejumlah dayah, karena disinilah dididik calon-calon ulama dan pemimpin masa depan Aceh," kata Abi Hasan.

Sementara itu, Tu Bulqaini yang turut hadir dalam kesempatan tersebut berpesan kepada para santri untuk menimba ilmu dengan baik agar dapat menjaga agama Allah dengan pemahaman yang baik.

"Singkil adalah pintu masuk sekaligus benteng Aceh bagi masuknya paham-paham dan aliran sesat dari luar Aceh yang akan mengikis aqidah umat Islam di Aceh. Oleh karena itu, saya berpesan agar adik-adik belajar ilmu agama dengan baik, sehingga dapat menjadi benteng kokoh bagi masuknya aliran sesat dan paham-paham menyimpang di Bumi Serambi Mekah ini," pesan Tu Bulqaini.

Sementara itu, Wagub, dalam sambutannya berpesan kepada para santri agar tidak mudah terkecoh dengan tipuan dunia, seperti penyalahgunaan narkoba, pendangkalan aqidah dan hal menyimpang lainnya.

"Tuntutlah ilmu setinggi mungkin karena kalianlah calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Perdalam ilmu agama karena hal itu akan menjaga kalian semua dari perbuatan sesat dan menyimpang."

Dalam kesempatan tersebut, Mualem juga berjanji akan menambahkan, bahwa di masa mendatang dirinya akan berusaha mencari sumber-sumber dana untuk menambah insentif atau honor para guru-guru Dayah di Aceh.

Silaturrahmi ke Dayah Darul Hasanah
Sebelumnya ke Dayah Batu Korong, Mualem dan rombongan juga bersilaturrahmi ke Dayah Darul Hasanah Syiekh Abdurrauf As-Singkili. Dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh para santri Dayah, Mualem berpesan bahwa Ilmu agama adalah ilmu yang akan menjaga setiap individu dari hal-hal negatif seperti pendangkalan aqidah, perusakan moral, masuknya aliran sesat serta dan penyalahgunaan narkoba.

"Saya berharap agar para santri dapat menuntut ilmu agama dengan sebaik-baiknya. Pesantren dan Dayah yang ada di Singkil merupakan benteng pertama bagi masuknya pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang membawa misi pendangkalan aqidah dan aliran sesat karena Singkil adalah pintu gerbang Aceh," kata Mualem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh Singkil, diantaranya Bupati Singkil sewrta Ustadz Abdussamad. Untuk diketahui bersama, Pesantren Darul Hasanah merupakan salah satu pesantren tertua di Aceh yang dibangun pada tahun 1972 itu.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Mualem dan rombongan menyempatkan diri untuk berziarah ke makam pendiri Dayah Darul Hasanah. Wagub juga berziarah ke makam Ulama Besar Aceh, Syiekh Abdurrauf As-Singkili, yang berada di Gampong Kilangan, kecamatan Singkil.

Wagub Beri Sumbangan Pembangunan Mushalla Al-Ikhlas Subulussalam
Sebelumnya, pada pagi hari, Wagub sempat ke Mushalla Al-Ikhlas Gampong Dasan Raja, Kecamatan Penanggalan Subulussalam untuk melihat proses renovasi Mushala tersebut. Melihat kondisi yang sangat memprihatinkan wagub langsung memberikan sejumlah dana untuk membantu proses perbaikan Mushalla yang berada di jalan lintas Subulussalam-Singkil itu. (Rill)
loading...
Label: ,

Post a Comment

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *

StatusAceh.Net. Theme images by i-bob. Powered by Blogger.